Minggu, 27 November 2011

Tugas Minggu ke-7 (Pengantar Bisnis)

Tugas Minggu Ke 7 (Pengantar Bisnis)

1.      Sebutkan faktor – faktor penunjang perkembangan manajemen produksi!
Jawab :
Faktor – faktor penunjang perkembangan manajemen produksi adalah :
a.         Adanya pembagian kerja dan spesialisasi.
b.         Revolusi industry.
c.         Perkembangan alat dan teknologi (termasuk computer).
d.         Perkembangan ilmu dan metode kerja.

2.      Sebutkan arti produksi dan beri 5 contohnya !
Jawab :
  • Arti produksi adalah suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran atau output. Dalam arti sempit produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang baik barang setengah jadi, barang jadi, barang industry, suku cadang, komponen penunjang.
  • Contoh dari produksi adalah :
a.  Produksi sendal,
b.  Produksi sepatu,
c.  Produksi beras,
d.  Produksi sabun, dan
e.  Produksi baju.

3.      Apa yang dimaksud dengan proses produksi terus menerus dan beri 5 contohnya !
Jawab :


Yang dimaksud dengan proses produksi terus menerus adalah suatu proses produksi yang mempunyai pola atau urutan yang selalu sama dalam pelaksanaan proses produksi di dalam perusahaan.
Contoh : Industri air minum, Produksi mie instan, Produksi Surat kabar,  Produksi mobil, dan Produksi sepeda motor.
4.      Sebut dan jelaskan 4 macam pengambilan keputusan !
Jawab :
a.         Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti
b.         Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung resiko
c.         Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti
d.        Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan yang lain.
5.      Sebutkan ruang lingkup manajemen produksi !
Jawab :
Ruang lingkup manajemen produksi adalah :
1.         Seleksi dan design hasil produksi (produk).
2.         Seleksi dan perancangan proses serta peralatan.
3.         Pemilihan lokasi perusahaan serta unit produksi.
4.         Perancangan tata letak (lay out) dan arus kerja atau proses.
5.         Perancangan tugas.
6.         Strategi produksi dan operasi serta pemilihan kapasitas.

ANGGOTA KELOMPOK :
1. BUNGA YULIETA HASMARA ASRI
2. DEDDY YANJAYA
3. KELVIN CHAERUN
4. MUHAMMAD FACHRI
5. PUTRI HAYUNING SHARI
6. RISKA APRIYANI

Senin, 21 November 2011

Tugas Minggu ke-6 (Pengantar Bisnis)

1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
Jawab :

Perbedaan Pasar dengan Pemasaran
Pasar ialah tempat terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dimana didalamnya terdapat penawaran dan permintaan yang bertemu untuk membentuk harga.

 Pemasaran ialah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa menetapkan harga, mendistribusikan, serta memproduksikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
Jawab :

Contoh masing-masing 5 dari
                       ·            Jenis Pasar Industri
o   Pasar Swasta
o   Bengkel Mobil
o   Salon
o   Toko Roti
o   Toko Jam
o   Perusahaan Konveksi
                       ·            Pasar Penjual
o   Pasar Penjual Sepatu
o   Pasar Penjual Buah
o   Pasar Penjual Ikan
o   Pasar Penjual Kebutuhan Pokok
o   Pasar Penjual Pakaian



3. APA YANG DIMAKSUD KONSEP INTI PEMASARAN
Jawab :

Yang dimaksud konsep inti pemasaran ialah dasar atau kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan pasar dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing, konsep inti pemasaran meliputi :
o   Kebutuhan Manusia (Human Need)
Suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
o   Keinginan
Kehendak yang kuat akan pemuas yag spesifik terhadap  kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
o   Permintaan
Keinginan akan produk yang lebih spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesdiaan untuk membeli.


4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
Jawab :

Variabel-variabel bauran promosi :
·         Periklanan (advertising)
Periklan ialah kegiatan promosi perusahaan yang dilakukan melalui komunikasi non-individu dengan sejumlah biaya seperti iklan melalui media massa, perusahaan iklan, lembaga non laba, individu-individu yang membuat poster.
·         Personel Selling
Personal Selling ialah kegiatan promosi yang dilakukan individu yang sering bertemu muka yang di tujukan untuk menciptakan, meperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
·         Promosi Penjualan
Promosi penjualan ialah benruk kegiatan promosi dengan menggunakan alat peraga, contohnya : peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah.
·         Publisitas dan Humas
      Publisitas dan humas ialah kegiatan promosi melalui media massa tetapi informasi yang diberikan tidak dalam bentuk iklan tetapi berita.



5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN 
Jawab :

Alternatif-alternatif sistem pemasaran :
a.       Strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer dengan cara menambah jumlah pemakai dan meningkatkan jumlah pembeli.
b.      Strategi kebutuhan selektif
§  Mempertahankan pelanggan dengan cara :
1.      Memelihara kepuasan pelanggan
2.      Menyederhanakan proses pembelian
3.      Mengurangi daya tarik untuk beralih merk
§  Menjaring pelanggan
1.      Mengambil posisi berhadapan
2.      Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
c.       Segmentasi pasar
Adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda dan memiliki karakteristik, kebutuhan, perilaku, dan bauran yang berbeda.
Manfaatnya :       
1.      Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan kesempatan pemasaran.

Rabu, 16 November 2011

Perkembangan Perbankan Syariah

Perkembangan Perbankan Syariah
Perbankan Syariah adalah sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah Islam. Pembentukan sistem ini didasarkan atas larangan dalam ajaran agama Islam untuk meminjam dengan bunga atau riba. Hal ini tidak berlakukan oleh perbankan konvensional. Perbankan syariah menawarkan beberapa produk antara lain :
1.Jasa untuk peminjam dana
  • Mudhorobah, antara penyedia modal dengan pengusaha. Setiap keuntungan yang diraih akan dibagi menurut rasio tertentu yang disepakati. Resiko kerugian ditanggung penuh oleh pihak Bank kecuali kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan pengelolaan, kelalaian dan penyimpangan pihak nasabah seperti penyelewengan, kecurangan dan penyalahgunaan.
  • Musyarokah (Joint Venture), konsep ini diterapkan pada model partnership atau joint venture. Keuntungan yang diraih akan dibagi dalam rasio yang disepakati sementara kerugian akan dibagi berdasarkan rasio ekuitas yang dimiliki masing-masing pihak.
  • Murobahah, yakni penyaluran dana dalam bentuk jual beli. Bank akan membelikan barang yang dibutuhkan pengguna jasa kemudian menjualnya kembali ke pengguna jasa dengan harga yang dinaikkan sesuai margin keuntungan yang ditetapkan bank, dan pengguna jasa dapat mengangsur barang tersebut.
2. Jasa untuk penyimpan dana
·         Wadi’ah (jasa penitipan), adalah jasa penitipan dana dimana penitip dapat mengambil dana tersebut sewaktu-waktu.
·         Deposito Mudhorobah, Keuntungan dari investasi terhadap dana nasabah yang dilakukan bank akan dibagikan antara bank dan nasabah dengan nisbah bagi hasil tertentu.

Sejarah perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia diawali dari aspirasi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim untuk memiliki sebuah alternatif sistem perbankan yang Islami. Selain itu, masyarakat meyakini bahwa sistem perbankan syariah yang menerapkan bagi hasil sangat menguntungkan, baik untuk nasabah dan bank.
Pada awal tahun 1980-an, rintisan pendirian perbankan syariah mulai dilakukan. Sebagai sebuah uji coba, mereka kemudian mempraktekkan gagasan tentang bank syariah dalam skala kecil. Sejak itu, berdirilah Bait Al-Tamwil Salman di Institut Teknologi Bandung dan Koperasi Ridho Gusti di Jakarta..
Pada tanggal 18-20 Agustus 1990, MUI menyelenggarakan Lokakarya Bunga Bank dan Perbankan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Hasil lokakarya tersebut kemudian dibahas lebih mendalam pada Musyawarah Nasional Keempat MUI di Jakarta pada 22-25 Agustus 1990.
Hasil kerja dari Tim Perbankan MUI adalah berdirinya PT Bank Muamalat Indonesia (BMI). Akte pendirian BMI ditandatangani pada tanggal 1 November 1991 dan BMI mulai beroperasi pada 1 Mei 1992. Selain BMI, pionir perbankan syariah yang lain adalah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dana Mardhatillah dan BPR Berkah Amal Sejahtera yang didirikan pada tahun 1991 di Bandung, yang diprakarsai oleh Institute for Sharia Economic Development (ISED).
Dukungan yang dilakukan Pemerintah dalam mengembangkan sistem perbankan syariah ini selanjutnya dengan mengeluarkan perangkat hukum yang mendukung sistem operasional bank syariah, yaitu Undang-undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan PP No. 72 Tahun 1992.

Senin, 07 November 2011

Tugas Minggu ke-5 (Pengantar Bisnis)

1.      SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA
Jawab :
Fungsi Manajemen dan manfaatnya
a.       Planning ( Perencanaan )
      Sebagai penentu arah untuk mencapai suatu tujuan secara keseluruhan dengan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu.
b.      Organizing ( Pengorganisasian )
Untuk menentukan macam-macam kegiatan beserta jumlah kegiatan yang di butuhkan untuk mencapai tujuan.
c.       Directing ( Pengarahan )
Suatu tindakan untuk mengarahkan dan memotivasi seluruh komponen yang ada di dalam organisasi serta mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi tenaga kerja untuk mencapai tujuanorganisasi.
d.      Koordinasi
Kegiatan untuk menghubungkan , menyamakan , menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.
e.       Controlling ( Pengawasan )
Kegiatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu di lakukan jika terjadi penyimpangan-penyimpangan pelaksanaan perencanaan yang telah di tentukan.
2.      APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI, DENGAN INFORMASI, DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Jawab :
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi, yaitu melibatkan orang dan kewajiban lain yang bersifat seremonial dan simbolis yang meliputi, peran sebagai figur untuk anak buah, pemimpin dan penghubung.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan informasi, yaitu meliputi peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi serta peran sebagai juru bicara.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan pengambilan keputusan , yaitu meliputi peran sebagai seorang wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya dan perunding.
3.      SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA    SECARA SINGKAT
Jawab :
Organisasi
sarana atau wadah untuk mencapai tujuan perusahaan melalui fungsi-fungsi manajemen yang di lakukan seorang pimpinan dengan organisasi yang tecipta di perusahaan yang bersangkutan.
Bentuk-bentuk organisasi 
  • Organisasi Lini Bentuk organisasi yang di dalamnya terdapat garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan ke bawahan.
  • Organisasi Fungsional Suatu organisasi di mana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunya jabatan fungsional untuk dikerjakan kepada para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus.
  • Organisasi Garis dan Staff Suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan seluruhnya dari puuk pimpinan ke kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer, ditempatkan satu atau lebih manajer staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat.
  • Organisasi Fungsional dan Garis Bentuk organisasi dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yag mempunyai keahlian tertentu serta sebagaian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yag koordinasinya teteap diserahkan kepada kepala bagian.
  • Organisasi Matrik Organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan di masing-masing bagian dari keiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan. 
  • Organisasi Komite Bentuk orgnisasi dimana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen.
ANGGOTA KELOMPOK :
1. DEDDY YANJAYA
2. KELVIN CHAERUN
3. MUHAMMAD FACHRI
4. PUTRI HAYUNING SHARI
5. RISKA APRIYANI