Senin, 21 November 2011

Tugas Minggu ke-6 (Pengantar Bisnis)

1. JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
Jawab :

Perbedaan Pasar dengan Pemasaran
Pasar ialah tempat terjadinya transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dimana didalamnya terdapat penawaran dan permintaan yang bertemu untuk membentuk harga.

 Pemasaran ialah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa menetapkan harga, mendistribusikan, serta memproduksikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
Jawab :

Contoh masing-masing 5 dari
                       ·            Jenis Pasar Industri
o   Pasar Swasta
o   Bengkel Mobil
o   Salon
o   Toko Roti
o   Toko Jam
o   Perusahaan Konveksi
                       ·            Pasar Penjual
o   Pasar Penjual Sepatu
o   Pasar Penjual Buah
o   Pasar Penjual Ikan
o   Pasar Penjual Kebutuhan Pokok
o   Pasar Penjual Pakaian



3. APA YANG DIMAKSUD KONSEP INTI PEMASARAN
Jawab :

Yang dimaksud konsep inti pemasaran ialah dasar atau kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan pasar dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing, konsep inti pemasaran meliputi :
o   Kebutuhan Manusia (Human Need)
Suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
o   Keinginan
Kehendak yang kuat akan pemuas yag spesifik terhadap  kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
o   Permintaan
Keinginan akan produk yang lebih spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesdiaan untuk membeli.


4. SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
Jawab :

Variabel-variabel bauran promosi :
·         Periklanan (advertising)
Periklan ialah kegiatan promosi perusahaan yang dilakukan melalui komunikasi non-individu dengan sejumlah biaya seperti iklan melalui media massa, perusahaan iklan, lembaga non laba, individu-individu yang membuat poster.
·         Personel Selling
Personal Selling ialah kegiatan promosi yang dilakukan individu yang sering bertemu muka yang di tujukan untuk menciptakan, meperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
·         Promosi Penjualan
Promosi penjualan ialah benruk kegiatan promosi dengan menggunakan alat peraga, contohnya : peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah.
·         Publisitas dan Humas
      Publisitas dan humas ialah kegiatan promosi melalui media massa tetapi informasi yang diberikan tidak dalam bentuk iklan tetapi berita.



5. SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN 
Jawab :

Alternatif-alternatif sistem pemasaran :
a.       Strategi pemasaran untuk merancang kebutuhan primer dengan cara menambah jumlah pemakai dan meningkatkan jumlah pembeli.
b.      Strategi kebutuhan selektif
§  Mempertahankan pelanggan dengan cara :
1.      Memelihara kepuasan pelanggan
2.      Menyederhanakan proses pembelian
3.      Mengurangi daya tarik untuk beralih merk
§  Menjaring pelanggan
1.      Mengambil posisi berhadapan
2.      Mengambil posisi berbeda (differentiated positin)
c.       Segmentasi pasar
Adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda dan memiliki karakteristik, kebutuhan, perilaku, dan bauran yang berbeda.
Manfaatnya :       
1.      Penjual atau produsen berada dalam posisi yang lebih baik untuk memilih kesempatan kesempatan pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar